Recent

Contoh laporan musik nusantara

LAPORAN MUSIK NUSANTARA
Indonesia Raya [Ethnic Version]


A.    Sejarah
          Lagu Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan negara kita (Indonesia). Lagu ini diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman. Pada tanggal 28 Oktober 1928 lagu ini dikenalkan pada saat Kongres Pemuda II di Batavia. Lagu ini menandakan kelahiran pergerakan nasionalisme seluruh nusantara di Indonesia yang mendukung ide satu “Indonesia” sebagai penerus Hindia Belanda, daripada dipecah menjadi beberapa koloni. Indonesia Raya dipilih sebagai lagu kebangsaan ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945.
          Lagu Indonesia Raya dinyanyikan diberbagai ceremonial, yaitu pada saat upacara pengibaran bendera, di awal berbagai acara-acara. Lagu Indonesia Raya ini terdiri dari 3 bagian inti, yaitu :
Bagian 1 terdiri dari kalimat : “Indonesia tanah airku tanah tumpah darahku
Di sanalah aku berdiri jadi pandu Ibuku
Indonesia kebangsaanku bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru Indonesia Bersatu”
Bagian 2 terdiri dari kalimat : “Hiduplah tanahku hiduplah negriku bangsaku rakyatku semuanya. Bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia Raya”
Dan bagian 3 terdiri dari kalimat: “Indonesia Raya Merdeka, Merdeka, tanahku, negriku yang kucinta. Indonesia Raya Merdeka, Merdeka, Hiduplah Indonesia Raya. Indonesia Raya Merdeka, Merdeka, tanahku, negriku yang kucinta. Indonesia Raya Merdeka, Merdeka, Hiduplah Indonesia Raya.
          Di bagian pertama makna dari liriknya ialah, Indonesia adalah Nusantara negara republik yang terdiri dari banyak pulau merupakan satu tanah kita, tanah kelahiran kita, tempat kita berpijak, tempat kita bernaung. Di bagian ini Indonesia Raya dinyanyikan dengan Maestoso (Agung). Di bagian tengah, Indonesia dengan keindahan dan kemakmuran negerinya, tanah yang subur yang kaya  akan sumber daya alamnya, serta rakyat yang makmur. Di bagian ini Indonesia Raya dinyanyikan dengan khimat. Bagian terakhir Indonesia Raya dinyanyikan dengan penuh semangat yang merupakan tujuan dari penciptaan lagu tersebut yaitu untuk memotivasi rakyat-rakyat indonesia dan mengajak bersatu untuk merdeka,mengakhiri masa masa pahit.
          Lagu Indonesia Raya dinyanyikan diberbagai ceremonial, yaitu pada saat upacara pengibaran bendera, di awal berbagai acara. Lagu Indonesia Raya pertama kali di arrangement oleh orang Belanda yaitu Jos Cleber pada tahun 1950 (wikipedia) dengan dengan arrangement simfony. Rekaman asli dari Jos Cleber sejak pada tahun 1950 direkam secara bersuara stereo pada tanggal 1 Januari 1992 dan direkam kembali secara digital di Australia dengan arrangement Jos Cleber oleh Victoria Philharmonic Orchestra di bawah konduktor oleh Addie Muljadi Sumaatmadja.




B.     Instrumen
          Instrumen lagu Indonesia Raya [Ethnic Version] terdiri dari beberapa alat musik tradisional yaitu:
·   Rebab (Jawa, Kampar, Pasisia)

·   Sape

    

·   Sasando



·   Gamelan Jawa Ansamble



·   Suling Batak



·   Suling Sunda


·   Saluang


·   Kendang (Ciblon, Jaipong, Bali)



·   Jimbe


·   Angklung Ansamble



·    Saronen



·   Kolintang Ansamble



·   Kethuk Bali



·   Maracas.


C.    Ciri-Ciri dan Keunikan
          Keunikannya adalah musik ini terdiri dari 11 unsur etnik di Indonesia antara lain : Nusa Tenggara Timur, Kalimantan (Dayak), Papua, Sumatra (Riau, Batak, Padang), Sunda, Jawa, Bali, Madura, dan Minahasa. Juga menggunakan alat-alat musik khas daerah Indonesia, seperti Rebab yang berasal dari Jawa, Saluang Kendang dari Bali, dan masik banyak lagi dengan disuguhkan berbagai keindahan alam dari berbagai daerah sehingga sangat epik sekali sangat pas dibawakan dengan lagu indonesia raya dimana indonesia adalah negara satu kesatuan pulau yang beragam.
D.    Kritik dan Saran

          Menurut saya, musik ini sudah sangat bagus dan juga unik, karena didalam musik ini terkandung banyak sekali menampilkan keindahan-keindahan pemandangan, maupun alat alat musik tradisional yang dimiliki Indonesia, dan dalam video ini  juga mengandung nilai budaya yang sangat tinggi. Oleh karena itu kita selaku penduduk Indonesia wajib menjaga dan melestarikan keindahan-keindahan pemandangan dan ragam budaya Indonesia.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar