Recent

Kenali Penyakit Asma (Gejala, Penyebab, Pencegahan dan penanganannya)!



ASMA

  Asma adalah penyempitan saluran pernapasan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu yang menyebabkan peradangan. Akibatnya timbul rasa sesak dan kesulitan bernapas. Saluran pernapasan penderita asma cenderung lebih sensitif ketimbang yang tidak mengidapnya. itulah sebabnya saat paru-paru penderita asma teriritasi salah satu pemicu, otot pernapasan akan menjadi kaku dan saluran napas pun menyempit. beberapa pemicunya antara lain asap rokok, terpapar zat kimia, bulu binatang, atau bahkan udara dingin.

  WHO mengestimasi sekitar 235 juta populasi dunia adalah penderita asma. Menurut data dari riset data kesehatan departemen kesehatan indonesia 2013, penderita asma di insonesia adalah 4,5 persen dari keseluruhan penduduk. prevalensi asma tertinggi terdapat di sulawesi tengah sebanyak 7,8 persen diikuti Nusa Tenggara Timur 7,3 persen, D.I Yogyakarta 6,9 persen, dan Sulawesi selatan 6.7 persen.

  Asma bisa menyerang siapa pun dan tidak bisa di sembuhkan. Namun penanganan yang tepat dapat mengontrol serangan dan penderita bisa menikmati hidup berkualitas.

  Asma adalah penyakit menahun. apabila tidak dilakukan penanganan dengan terapi maka dapat ditemukan efek terhadap kualitas hidup, antara lain:

  • Mudah lelah
  • Masalah psikologis seperti depres
  • gangguan pertumbuhan pada anak anak
  • gagal napas
  • kerusakan paru-paru
Gejala Asma
  1. Pernapasan berbunyi atau Wheezing/bengek/mengi terutama saat mengeluarkan napas. Akan tetapi perlu diingat bahwa tidak semua penderita asma memiliki pernapasan yang berbunyi, begitu pula sebaliknya tidak semua orang yang napasnya wheezing adalah penderita asma.
  2. Rasa gatal di sekitar rongga dada atau leher.
  3. Adanya sesak napas akibat penyempitan saluran bronkial.
  4. batuk berkepanjangan.
  5. adanya keluhan dada terasa sempit
  6. pada serangan asama yang hebat, penderita akan merasa kesulitan dalam mengatur napas sehingga menyebabkan penderita tidak dapat berbicara.
Penyebab Asma
  • Keturunan atau bawaan. apabila dalam sebuah keluarga ada yang terkena asma, maka kemungkinan besar keturunannya juga mengidap asma. asma bukanlah penyakit menular, melainkan penyakit yang diturunkan.
  • suhu yang dingin. Penggunaan Ac pada suhu serta cuaca dingin di daerah pegunungan dapat memicu asma.
  • makanan yang mengandung kadar MSG dan bahan pengawet yang tertinggi.
  • Lingkungan yang Kotor yang dipenuhi dengan asap dan debu.
Pencegahan Dan Penanganan Penyakit Asma
  1. Pencegahan Awal adalah dengan menghindari faktor faktor penyebab asma seperti asap, debu udara dingin, dan olahraga yang berlebihan.
  2. pada kasus ringan seperti adanya gejala serangan asma dan pencegahan terhadap serangan lanjutan, maka dokter akan memberikan obat tablet seperti aminofilin dan prednisolon.
  3. Penderita Asma disarankan untuk menyediakan atau menyimpan obat hirup dimana pun mereka berada karena obat ini dapat membantu melonggarkan saluran pernapasan ketika serangan asma datang.
Referensi
Buku 45 Penyakit yang sering hinggap pada anak
WHO

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar